Wilujeng Suping

Sekretariat : RW 013 Kelurahan Cibadak - Kecamataan Cibadak Kabupaten Sukabumi Telp. 0266 535237 Email adelamping3@yahoo.co.id Web : www.mitracai.blogspot.com

Minggu, 06 September 2009

Air Kita Semua



(Ditulis Ade Sudarjat)


Kebutuhan Air
(Tidak ada air bersih air kotor pun jadi)
Pernyataan di atas tadi seperti sebuah pribahasa yang sering kita dengar sehari-hari, dan menunjukkan bahwa peranan air di muka bumi sangat penting sehingga air tidak layak pun digunakan untuk keperluan sehari-hari kecuali untuk air minum.
Di kelurahan  Cibadak Kampung Pojok Indah khususnya RW 15 , air merupakan barang yang esensial dan memiliki nilai yang sangat tinggi sebab di sana tidak tersentuh oleh Perusahaan Air Minum dan memiliki posisi  yang sangat sulit untuk mendapatkan air sumur sehingga susah sekali mendapatkan air bersih.
Tetapi sekitar + 200 M Kampung Pojok Indah tersebut dilalui oleh Irigasi P3A Mitra Cai Cikolawing II sehingga ada inisiatif dari warga tersebut memanfaatkan saluran irigasi tersebut  memasok air dengan pipanisasi untuk kebutuhan sehari-hari kecuali minum. Hal tersebut sudah berlangsung 15 tahun, tetapi sekarang kualitas air irigasi semakin buruk karena sampah dan limbah lain, juga pengelolaan air yang seadanya oleh warga sehingga menyebabkan kondisi pipanisasi tersebut semakin memprihatinkan.
Setelah memperhatikan hal tersebut P3A Mitra Cai mencermati untuk terlibat di dalam pengelolaan pipanisasi tersebut secara langsung walaupun tidak berhubungan dengan pertanian atau peternakan (perikanan), dengan merencanakan stabilisasi pipa dan menjadikan permanen bak-bak penampungan  serta membuat pengelolaan yang baik.
Rencana ini baru saja wacana dan belum tahu untuk direalisasikan kecuali keadaan yang mendesak, tetapi P3A Mitra Cai akan berusaha  mengsosialisasikan hal tersebut pada warga Pojok Indah dan mudah-mudahan ada bantuan dari pihak mana saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar